Sabtu, 03 Mei 2008

Workshop nulis vs LKO

Pagi ini, hari sabtu. gue bangun kesiangan. gue langsung panik soalnya gue mesti olah raga di sekolah. karena gue masih kelas satu, jadi OR ada pas hari sabtu yang pelajarannya cuma satu ditambah eskul. terus di hari sabtu itu dibagi dua shift, yg masuk pagi ama yg masuk siang. ini tergantung sama kelasnya. kelas ganjil ato kelas genap. tapi tiap seminggu sekali terjadi ganti shift. gue yang pagi itu nggak tau kelas gue kepagian shift kapan milih dateng pagi sekalian.


karena buru-buru hari sabtu itu gue kepaksa gak mandi. soalnya kalo telat bisa mampus. si guru ORnya ngasih kebijakan gini:

1. kalo yang telat 5 menit boleh masuk asal harus squat jump 25 kali dulu baru ikut pemanasan.

2. kalo yang telat lebih dari 10 menit nggak boleh ikut OR


dengan buru-buru gue dateng ke sekolah tanpa mandi. tanpa mandi sih mungkin lazim bagi orang lain, tapi gue kemarin tuh nggak mandi sore udah gitu pas pulang sekolah kemarin badan gue bau mulut buaya lagi(kayak yang pernah nyium mulut Buaya aja)jadinya gue pagi itu mandi parfum. pas gue masuk angkot, orang-orang pada ngeliatin gue. mereka ngira gue baru nguburin bangkai anjing yang mati gara-gara minum parfum kali ya. gue mah cuek aja, tapi kayaknya nenek-nenek sebelah gue ngerasa keganggu. gue jadi inget kata-kata nenek gue kalo nenek-nenek itu sensitif jadinya yah rada gitu lah...terus gue nyampe sekolah. pas di sana gue kaget pas tau kalo kata KOJI- Ketua Olahraga dan Jasmani putrI-nya hari ini tuh kelas gue kebagian shift siang. yah..tau gitu gue mandi tadi yak...


gue mah berasa cuek aja. pas kelas shift pagi lagi OR. gue ama temen-temen sekelas gue yang senasib sama gue (sama-sama kepagian maksudnya,bukan sama-sama nggak mandi) langsung memanfaatkan waktu kosong buat bergejeh ria. seperti yang orang-orang nggak diketahui gue adalah pakar Gejeh sedunia alias Gak Jelash-gejeh.redmakannya orang-orang manggil gue gejeh. karena gue paling nggak nyambung kalo diajak ngobrol.soalnya gue sering belok-belokin topik dan sering main plesetan ama tebak-tebakan.

contohnya:

temen gue: Eh, besok ada PR gak?

gue : ada. ituh lagi beli sepatu...(gue langsung nunjuk temen gue yang lagi ngapus papan tulis)


gara-gara gue sama temen gue bosen ngegosip gue langsung inisiatif ngintipin anak cowok yang lagi pada main bola di lapangan OR. siapa tau ada kecengan gue disana. tapi sayangnya kecengan gue nggak ada, karena gue nggak punya kecengan alias orang yang patut buat dikeceng. orang-orang sempet nganggep gue kelainan apalagi pas gue lendot-lendotan di bahunya si Bontang.tapi ya sudah lah,mungkin Tamaki Hiroshi lagi banyak kerjaan kali ya makannya nggak bisa ke Bandung buat ngelamar gue.
akhirnya injury time tiba, si guru OR manggil kelas ganjil masuk. soalnya kelas genap yang kebagian shift pagi udah selesai OR. terus gue nanya ama temen gue yang kelas genap." eh, tadi di dalem ngapain aja ?"" cuma main doang kok,"" HAH !"gue kaget soalnya guru gue paling nggak bisa liat orang seneng dikit. kalo olah raga pasti pemanasannya bikin capek, disiksa lah pokoknya. terus gue buktikan kebenaran ucapan temen gue. ternyata pas di dalem, biasa sih...suruh ikut pemanasan dulu. terus kita olahraganya GJ banget


.si Ibu kayaknya udah kebagian materi pelajaran kayaknya jadi dia nyuruh muridnya lari bulak-balik bangsal yang panjangnya kurang dari 25 meter. udah gitu gurunya nyuruh kita jalan kodok terus baliknya disuruh lompat kodok. gue yang lagi itu bete abis milih buat melata gaya cicak, abiss gue gak bisa lompat kodok. udah gitu kita suruh cari pasangan terus satu orang harus jalan pake tangan dan kakinya dipegangin sama pasangannya. gue pasangan ama Dilla yang beratnya dua kali badan gue, maklum orang kurus disayang tuhan. jadi pas giliran dia megangin tangan gue dia enteng aja ngangkat kaki gue yang beratnya lebih enteng dari kaki babon. tapi pas bagian gue megangin kaki dia, gue kelimpungan. abis gue dengan berat badan 37 gini mana bisa ngangkat dia yang berat badannya lebih dari 50. karena si Dilla desperet, dia akhirnya hoples dan milih buat melata kejet-kejet kayak cacing aja.


selesainya, ternyata si IBU punya kejutan...dia nyuruh kita latihan sikap lilin sama sikap kayang. si Keke yang emang jago kayang dari posisi berdiri langsung seneng, tapi pas sikap lilin kita semua pada nggak bener. selesai sikap lilin, kita disuruh kayang di matras. asalnya sih dari posisi duduk dulu, baru dari posisi duduk. pas bagian gue mo kayang dari berdiri, temen-temen gue langsung pada nutup mata soalnya takut tangan gue bakalan potong. perlu diingat tangan gue disamain kayak congcorang. makanya mereka kepikiran buat manggil gue manusia tulang. taunya pas dites gue bisa kayang dari posisi berdiri dengan kecepatan yang sungguh luar biasa. mereka yang awalnya takut jadi kagum. Aul: Kok bisa tangan kamu nggak potong ?gue: (sinis) mending mana, tangan kurus tapi kuat, apa tangan gendut tapi lemah ? (*secara gue nyindir dia yang LEBIH berisi daripada gue)
tanpa tedeng aling-aling pala gue dibelah ama dia pake tangan. untungnya kepala gue nggak kebagi jadi dua.


udah selesai kayang sama posisi lilin, kita semua ngaso dulu. gue yang lebih seneng tidur-tiduran di matras yang bau kebo jantan yang baru kumpul kebo langsung inisiatif buat tidur dibawah matras. jadi dari bagian perut sampai kaki gue diselimutin matras yang lumayan berat juga.beratnya kayak bayi gorilla kurang gizi. gue langsung ngaso menikmati kenikmatan. tapi temen-temen gue langsung ketarik buat tiduran di matras yang gue jadiin selimut. gila ada berapa manusia kingkong di matras, berat amat. berat banget. gue ngerintih pelan, tapi si Sausan kayaknya kasian ama gue,takut gue patah tulang didempet lebih dari 5 orang yang lebih gendut dari gue. gue sih nikmatin aja, anggep aja dipijet pretty asmara.tapi lama kelamaan kaki gue kedempet. bujubuneng gue nggak tahan, apalagi si Bila ama Aul udah main loncat-loncatan di atas matras. gue teriak kesakitan.tapi temen gue cuek aja, alah manja...pikir mereka.


terus si Sausan makin miris ngeliat gue didempet gitu, takutnya tulang gue patah semua, mengingat badan gue nggak dilapisin daging yang tebel buat ngelindungin tulang. sampe di titik ekstrim gue teriak kenceng banget, ampe kelas lain ngeliatin kita.gue diem, temen-temen gue yang kurang dihajar itu langsung buru-buru insap terus nanyain keadaan gue dengan gaya sok sinetron, "kamu nggak papa kan?"gue nggak ngejawab. terus gue loncat dari posisi tidur dan berhasil berjalan dengan normal, temen-temen gue langsung berniat buat ngedempet gue lagi. tapi untungnya si Ibu keburu niup peluit tanda OR selesai.


abis OR, temen-temen gue yang pada mo ikut LKO-Latihan Kepemimpinan OSIS- udah siap-siap ganti seragam dengan atribut yang lengkap soalnya hari ini ada technical meeting. Oh iya, gue nggak jadi ikut LKO, soalnya orang tua gue nggak setuju mereka takut gue terlalu sibuk. soalnya pas LKS gue udah sibuk setengah mampus.dengan ikhlas, gue ngerelain temen-temen gue yang pergi buat ngikutin LKO. gue keinget masa-masa LKS gue. meskipun angkatan LKS gue itu gagal, lelet, dan cuma bisa omong doang,tapi kita berhasil ngebuktiin kebersamaan kita yang kuat.


ah udahlah nggak usah berlarut-larut, gue jadi pengen nangis. gue juga lagian hari ini ada acara. WORKSHOP MENULIS !hari ini jam 10, di sekolah gue bakal dateng PRIMADONNA ANGELA ama ISMAN H. SURYAMAN...pada tau nggak ? pokoknya mereka berdua itu suami-istri yang profesinya sama. penulis.


gue ngebet banget pingin ikutan ni workshop karena gue emang minat nulis. minat gue ternyata cukup normal daripada masukin sumpit ke gorong-gorongkayaknya gue emang udah ditakdirin nggak ikut LKO karena gue ikutan workshop menulis yang waktunya ternyata bentrok. dan gue lebih milih workshop.


selama workshop itu kita diajarin banyak hal kayak bikin paragraf awal. terus K'ISMAN nyuruh 3 orang yang berani buat bacain karangannya. gue salah satu dari 3 orang yang berani itu. ternyata keberanian yang sedikit terkontrol membuahkan hasil. gue dapet hadiah. satu notebook cantik.terus kita disuruh ngelanjutin kalimat-kalimat yang disunting dari novel lain terus dilanjutin kata-katanya jadi sebuah paragraf. dari sekian materi,ada satu materi terbaik yaitu FLASH FICTION.Flash fiction itu tuh cerita mini yang cuma beberapa kata. tapi flash fiction bukan potongan cerita.

contoh flash fiction:


Cerita Horor terpendek di dunia:Orang terakhir di muka bumi ini sedang duduk diam di rumahnya seorang diri.tiba-tiba terdengar suara ketukan pintu.


Flash fiction bisa bikin orang lain penasaran dan menafsirkan sendiri-sendiri jalan cerita itu.banyak orang yang mikir kalo cerita di atas nggak horor, garing malahan. tapi gue mikir yang ngetuk pintu itu bisa aja bukan manusia. ayam mungkin. ayam terakhir..
terus kita suruh bikin flash fiction. awalnya gue mo bikin flash fiction gini:

Kemarin aku pergi ke sungai dan terkejut ketika melihat seekor buaya melompat


tapi kalimat itu gue coret dan gue bikin flash fiction yang sumpah GEJE banget:
Kurasa kalian akan penasaran...


Si Meita yang duduk di sebelah gue langsung ketawa. dia bilang gue kayak orang keabisan ide. tiba-tiba di atas kepala gue muncul lampu. TRING AHA !!!akhirnya gue nulis flash fiction gue.
terus flash fictionnya dikumpulin dan diperiksa ama Mbak Donna. sementara K' Isman yang ternyata alumni SMA gue ngasih materi lain kayak cara penerbitan buku. dari situ dia ngasih simulasi ke kita buat bikin sinopsis buat penerbit. lagi-lagi gue ngacung buat ngebacain sinopsis gue yang ancur banget. untungnya (lagi---lagi) karena keberanian gue, gue dikasih hadiah lagi. orang-orang di ruangan pada ngeliatan gue. ni orang maruk amat, pikirnya...dan flash fiction diumumin. Mbak Donna ama K'Isman memilih 3 karya flash fiction yang nantinya bakal dikasih hadiah.setelah dua karya diumumin dan pemenangnya dikasih hadiah. si Meita ngasih tau kalo karya selanjutnya yang bakal dibacain adalah karya gue karena Si Meita nge-gep kertas yang dipegang Mbak Donna banyak coretannya.


Gue mah nyante aja. terus tiba-tiba K'Isman bilang gini," Berikutnya...karya flash fiction yang menurut kami paling baik, maka kami akan memberikan buku flash fiction kami kepada pemenang ini,"terus dia bacain flash fiction di kertas itu.


" Kurasa kalian bukan manusia," ucapnya sambil menatapi kami yang terpaku. menghiasi dinding ruangannya.


gue langsung kaget. " Karya siapa ini?" tanya dia.gue ngacung. orang-orang ngeliatin gue lagi, si Maruk...mungkin gitu mikirnya. terus gue dapet buku flash fiction yang judulnya jangan berkedip. kayaknya Tuhan emang ngabulin keinginan gue. pas sebelum workshop gue sempet ketarik sama buku itu yang dipajang di depan ruang Audio Visual, sekarang ada di tangan gue.akhirnya materi jalan lagi, si Meita enak aja ngajak gue ngobrol padahal gue lagi fokus-fokusnya. pantat dia udah ambeien kali ya, abis dari tadi grasak grusuk aja. eh taunya dia kepengen cepet pulang. di tengah-tengah materi, pas K'ISMAN lagi nerangin.

Si Meita sendawa keras banget. gue ama dia langsung heboh. nggak lama kemudian, acara selesai. sebelumnya Mbak Donna ngasih kita selebaran Event Lomba Cerita Konyol Remaja 2008 yang diadain sama GPU. gue ketarik pingin ikut, tapi lagi nggak ide. doain gue ya...

sebelumnya gue foto2 dulu ama Mbak Donna...


Gue...paling kiri...sok ALIM

Eniwei, gue bersyukur hari ini. gue jadi kepacu buat nulis, walaupun gue mesti ngebuang impian gue buat jadi OSIS

Tidak ada komentar: